Mining Data Facebook Menggunakan Program R

Dalam postingan ini saya akan berbagi bagaimana cara mengekstraksi data dari facebook menggunakan program R. Terdapat paket mining R untuk facebook yang bisa digunakan untuk melakukan ekstraksi informasi data dari facebook. Seperti halnya pada Twitter, untuk mendapatkan data dari facebook dilakukan dengan memanfaatkan fitur Facebook API (Application Programming Interface). Apa itu Facebook API? Facebook API adalah suatu fitur yang diberikan oleh Facebook kepada Developer aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya yang kemudian dapat dipergunakan dalam halaman Facebook. Dengan adanya fitur tersebut, kita dapat menjadi pengembang aplikasi facebook, sebenarnya dalam hal ini bukan aplikasi itu yang kita butuhkan, namun kita butuh kode API untuk mempermudah kita dalam mendapatkan data-data yang disediakan oleh facebook. Langsung saja,  beberapa hal yang perlu di persiapkan sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang kita butuhkan adalah Facebook App, kunjungi pusat pengembang Facebook di situs http://developers.facebook.com/apps , kemudian daftarkan diri sebagai pengembang dan buatlah aplikasi uji dengan cara mengklik “Tambahkan Aplikasi Baru”, kemudian masukkan nama aplikasi yang akan kita buat (bebas), sehingga akan diperoleh ID dan Kunci Rahasia Aplikasi seperti gambar berikut:

  • JANGAN KELUAR dari halaman aplikasi facebook tersebut!, kemudian buka program R. Install packages “Rfacebook” dan “Rook” dengan cara menjalankan perintah install.packages(c(“Rfacebook”,”Rook”))
  • Jalankan packages “Rfacebook” dan “Rook” dengan menuliskan perintah library(Rfacebook) dan library(Rook)kemudian koneksikan R dengan aplikasi facebook yang telah di buat dengan cara melakukan autentikasi. Perintah autentikasi pada packages Rfacebook adalah fbOAuth(app_id, app_secret)
  • Gunakan kode aplikasi yang telah dibuat sebagai “app_id” dan kode kunci rahasia sebagai “app_secret”, seperti contoh berikut: fb_oauth<-fbOAuth(“1234567890”, “1A2B3C4D5E”,  extended_permissions = TRUE)
  • Klik enter, sehingga akan muncul perintah seperti gambar berikut:
  • Kemudian buka kembali aplikasi pengembang facebook, masuk pada Pengaturan -> Dasar , kemudian pilih “tambahkan platform” -> “Situs Web” dan masukkan http://localhost/1410/ pada kolom URL situs seperti gambar berikut :
  • Klik "Simpan perubahan", dan masuk kembali ke dalam program R, klik enter sehingga akan di bawa ke tampilan berikut:
  • Kemudian lanjutkan, dan klik OK sehingga muncul tulisan “Authentication complete. Please close this page and return to R."
  • Buka kembali ke program R, dan sekarang kita telah memiliki koneksi fb_oauth. Untuk menyimpan koneksi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan perintah save(fb_oauth, file="fb_oauth“) sehingga jika kita ingin melakukan koneksi kembali ke facebook cukup dilakukan dengan cara memanggil koneksi tersebut menggunakan perintah load("fb_oauth")
Sekarang kita telah terhubung ke facebook, dan mempunyai akses ke facebook. Kita akan memulai mendapatkan profil kita sendiri menggunakan perintah 

me <- getUsers("me", token=fb_oauth)

Contoh simpel jika kita ingin mendapatkan nama profil kita dapat dilakukan dengan menuliskan perintah  me$name

Perintah lain jika kita ingin mendapatkan data postingan halaman dapat dilakukan dengan menuliskan perintah “getPage”, pada contoh ini kita akan melakukan penambangan data postingan pada halaman “Kajian Al Amiry”, yang kita butuhkan adalah id dari halaman. Adapun id halaman “Kajian Al Amiry” yang diperoleh adalah “KajianAlAmiry”, sehingga untuk mendapatkan data tersebut dapat dilakukan dengan menuliskan perintah: 

page<-getPage("KajianAlAmiry" , fb_oauth, n = 20)
View(page)

n=20, merupakan banyaknya data postingan yang akan kita ambil. Untuk mendapatkan data-data lain pada facebook dapat dilakukan eksplorasi sendiri, dengan menggunakan beberapa function yang tersedia pada packages Rfacebook”. 

Function atau perintah-perintah tersebut dapat dilihat dengan terlebih dahulu mengetahui urutan posisi packages "Rfacebook" pada program R menggunakan perintah search() yang berfungsi untuk melihat daftar packages yang sedang aktif pada program R. 

Kemudian, lihat letak / posisi packages “Rfacebook”, seperti gambar dibawah ini:

Posisi packages “Rfacebook” ada pada urutan nomor 2, sehingga untuk melihat perintah-perintah yang tersedia dapat dilakukan dengan menuliskan perintah ls(2), sehingga muncul tampilan beberapa function yang tersedia pada “Rfacebook” seperti berikut:

Itulah beberapa perintah yang tersedia pada packages "Rfacebook".

Sekian

Semoga Bermanfaat

Have Fun



Previous
Next Post »


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly