Perbedaan Uji-t Sample Berpasangan (Paired Sample t-test) dan Sampel Saling Bebas (Independent Sample t-test)

Paired sample t-test dan Independent sample t-test adalah termasuk dalam kelompok uji perbandingan rata-rata (mean) yang di gunakan untuk membandingkan rerata pada dua kelompok sample. Namun, dari kedua uji tersebut terdapat perbedaan mendasar yang perlu di ketahui, yaitu:

Paired sample t-test digunakan untuk menguji rata-rata pada kelompok sample yang sama dengan perlakuan berbeda. Contoh :
  1. Seorang dokter ingin menguji kadar kolesterol pada 20 pasien yang sama sebelum dan sesudah memakan makanan berlemak.
  2. Seorang dosen ingin membandingkan prestasi mahasiswa pada kelas A sebelum di terapkan metode belajar SCL (Students Centered Learning) dan setelah di terapkan metode belajar SCL.
Ilustrasi paired sample t-test

Independent sample t-test digunakan untuk menguji rata-rata pada dua kelompok sampel yang berbeda, dimana masing-masing kelompok sampel tidak terikat, tidak berhubungan atau saling bebas. Contoh :
  1. Seorang peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan pengetahuan masyarakat di kota A dan di kota B, tentang bahaya narkoba.
  2. Eksperimen yang dilakukan untuk menguji apakah kinerja obat A lebih baik daripada obat B.
Ilustrasi Independent Sample t-test

Berdasarkan contoh di atas, sudah jelas kan perbedaan masing-masing di antara keduanya? yang perlu di ingat adalah bahwa Paired sample t-test di gunakan untuk satu kelompok sampel, yang di maksud berpasangan disini adalah setiap sample berpasangan dengan sample itu sendiri dengan perlakuan yang berbeda. Sedangkan Independent sample t-test digunakan untuk dua kelompok sampel yang berbeda atau kelompok yang saling bebas.

Demikian postingan ini, tunggu postingan berikutnya :)

Previous
Next Post »


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly