Cara Membuat Tabel Kontingensi Menggunakan SPSS

Tabulasi merupakan salah satu teknik penyajian data agar mudah difahami dalam waktu singkat. Salah satu bentuk penyajian tabulasi adalah tabel kontingensi atau tabulasi silang. Tabel kontingensi merupakan salah satu bentuk distribusi frekuensi untuk dua variabel atau lebih. Akan tetapi, tida semua pengolah data (penganalisis) mengetahui dengan baik bagaimana menyajikan tabulasi yang cocok agar suatu laporan dapat berbobot. Apabila data yang dianalisis memuat dua variabel atau lebih kita dapat melakukan analisis hubungan antara variabel-variabel tersebut.

Tabel kontingensi merupakan bagian dari tabel baris kolom, akan tetapi tabel ini mempunyai ciri khusus, yaitu untuk menyajikan data yang terdiri atas dua faktor atau dua variabel, faktor yang satu terdiri atas b kategori dan lainnya terdiri atas k kategori, dapat dibuat daftar kontingensi berukuran b x k dengan b menyatakan baris dan k menyatakan kolom.

Pada postingan ini saya akan berbagi cara bagaimana membuat sebuah Tabel Kontingensi (Tabulasi Silang) dengan menggunakan software SPSS. Kali ini saya akan memberikan contoh pembuatan tabel kontingensi yang berukuran 5 x 3 x 2 x 5 dengan contoh studi kasus tentang "Frekuensi Hobi Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dalam Bidang Olahraga". Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka program SPSS, mula-mula definisikan variabel data dengan cara klik pada variabel view, lalu masukkan nama variabel (hobi, angkatan, jenis kelamin, jurusan dan frekuensi ) pada kolom name


  • Pada bagian kolom label, masukkan “jenis olahraga” pada baris pertama, “tahun angkatan” pada baris kedua, gender pada baris ketiga, jurusan pada baris keempat, dan banyaknya mahasiswa pada baris kelima (menyesuaikan nama variabel)


  • Pada kolom values, klik button values pada baris pertama, sehingga akan muncul tampilan value labels, kemudian pada kolom value masukkan angka 1 lalu pada bagian label masukkan “futsal” klik Add. Kemudian ulangi langkah tersebut sebanyak lima kali dengan memasukkan nilai value dan label dengan masing-masing pasangan yakni (2=basket, 3=volly, 4=badminton, 5=tenis) lalu klik OK.


  • Klik kembali button values label pada kolom values baris kedua untuk menentukan tahun angkatan (1=2011, 2=2012 dan 3=2013), klik OK.


  • Kemudian masukkan juga kode untuk jenis kelamin pada button value labels baris ketiga (1=perempuan), (2=laki-laki), klik OK.


  • Klik kembali button value labels untuk baris yang keempat (jurusan) yakni (2=teknik informatika, 3=teknik kimia, 4=teknik elektro dan 5=teknik mesin), klik OK!


  • Setelah selesai menginputkan value labels, kemudian masukkan data yang akan dianalisis dengan cara mengklik kembali data view, dan masukkan data pada tiap variabel dengan cara menuliskan data sesuai dengan kode angka yang telah di definisikan sebelumnya 


  • Kemudian dilakukan pembobotan pada data dengan cara mengklik menu data => weight cases, lalu klik pada bagian banyaknya mahasiswa, kemudian klik tanda pada radiobutton ‘weight cases by’ lalu pindahkan data banyaknya mahasiswa ke kolom frequency variable dengan cara mengklik tanda panah kanan, sehingga data banyaknya mahasiswa akan berpindah seperti gambar berikut:


  • Klik OK, kemudian untuk membuat tabulasi silang / tabel kontingensi dari data tersebut, dilakukan dengan cara mengklik menu analyze => descriptive => statistics => crosstabs. Selanjutnya pada kotak dialog crosstabs, tentukan format tabel pada output dengan cara memindahkan masing-masing variabel ke kolom row, column, atau layer sesuai dengan format tabel yang diinginkan yakni dengan mengklik tanda panah pada salah satu kolom. Pertama, pindahkan variabel ‘gender [jenis kelamin]’ ke kolom row(s), kemudian pada kolom column(s) isi dengan variabel jurusan [jurusan], lalu pada bagian layer, isikan 2 variabel sekaligus, yakni dengan memindahkan variabel tahun angkatan [angkatan] pada layer 1, kemudian klik button ‘next’ lalu pindahkan variabel jenis olahraga [hobi] pada layer 2.



  • Setelah selesai menentukan format tabel pada crosstabs, klik OK sehingga akan muncul output berupa 2 buah tabel seperti gambar berikut:

Dari gambar output diatas menyatakan bahwa total keseluruhan data berjumlah 4370 data, data yang diproses tidak ada yang missing atau hilang, sehingga total datanya tetap, yakni 4370 dan tingkat validasi 100%. Selain output 1, juga terdapat output 2 berupa tabel kontingensi seperti terlihat pada gambar berikut:


Berdasarkan hasil tabulasi diatas dapat diketahui berapa banyaknya mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri pada tiap jurusan yang mempunyai kegemaran dalam bidang olahraga (futsal, basket, volly, badminton, tenis) berdasarkan tahun angkatan dan jenis kelamin. Selain itu, dari tabel tersebut juga dapat diketahui jumlah total mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki kegemaran pada masing-masing bidang olahraga.

So, hopefully useful :)

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Z21
AUTHOR
April 13, 2018 at 5:11 PM delete

Data banyaknya mahasiswa didapat darimana?

Reply
avatar
SmartPLS3
AUTHOR
May 7, 2018 at 4:18 AM delete

Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
July 24, 2018 at 7:59 AM delete

Data banyaknya mahasiswa adalah data frekuensi yang di inputkan pada Data View

Reply
avatar
Sastrolegi
AUTHOR
December 15, 2018 at 11:15 AM delete

Frekuensi mestinya SPSS ngitung sendiri. Bkn diinput. Apa gunanya pakai SPSS klo frekuensi diinput sendiri.Buat Contoh yg sederhana sj.
Tp terima kasih sdh sharing.

Reply
avatar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly