Contoh Penggunaan Uji Mann-Whitney

Selamat datang di blog analisis data, kali ini saya akan memberikan contoh dan pembahasan penggunaan Uji Mann-Whitney, dimana pada postingan sebelumnya, saya telah menjelaskan secara detail teori Uji Mann-Whitney. Ada dua macam contoh yang akan dibahas, yakni penggunaan Uji Mann-Whitney pada sampel kecil (n1 atau n2 20), dan pada sampel besar (n1 atau n2 > 20), dimana antara antara kelompok sampel 1 dan kelompok sampel 2 saling independen.

Contoh kasus sampel kecil (n1 atau n2 20)

Berikut adalah contoh sampel data nilai ulangan Matematika pada kelas A dan kelas B.
Kelas A
Kelas B
64
62
100
58
87
81
96
75
91
95
64
82
91
75
91
73
99

75

Berdasarkan data pada tabel diatas, tim analisis data ingin melakukan pengujian apakah terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas A dan kelas B. Dalam kasus ini, tim analisis menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% (α = 0,05).

Pembahasan

Melakukan penyusunan Hipotesis
0 : Nilai ulangan kelas A sama dengan nilai ulangan kelas B
H1 : Nilai ulangan kelas A berbeda dengan nilai ulangan kelas B
Nilai
Kelas

Nilai
Kelas
64
Kelas A

58
Kelas B
100
Kelas A

62
Kelas B
87
Kelas A

64
Kelas A
96
Kelas A

64
Kelas A
91
Kelas A

73
Kelas B
64
Kelas A

75
Kelas A
91
Kelas A

75
Kelas B
91
Kelas A
>> 
75
Kelas B
99
Kelas A

81
Kelas B
75
Kelas A

82
Kelas B
62
Kelas B

87
Kelas A
58
Kelas B

91
Kelas A
81
Kelas B

91
Kelas A
75
Kelas B

91
Kelas A
95
Kelas B

95
Kelas B
82
Kelas B

96
Kelas A
75
Kelas B

99
Kelas A
73
Kelas B

100
Kelas A
Menyusun kedua nilai ulangan kedalam satu kelompok data dan mengurutkannya mulai dari nilai terkecil ke nilai yang terbesar
Nilai
Kelas
Ranking
58
Kelas B
1
62
Kelas B
2
64
Kelas A
(2+3)/2=2,5
64
Kelas A
(2+3)/2=2,5
73
Kelas B
5
75
Kelas A
(6+7+8)/3=7
75
Kelas B
(6+7+8)/3=7
75
Kelas B
(6+7+8)/3=7
81
Kelas B
9
82
Kelas B
10
87
Kelas A
11
91
Kelas A
(12+13+14)/3=13
91
Kelas A
(12+13+14)/3=13
91
Kelas A
(12+13+14)/3=13
95
Kelas B
15
96
Kelas A
16
99
Kelas A
17
100
Kelas A
18
Memberikan ranking pada masing-masing nilai (note : perhitungan ranking pada nilai yang sama dilakukan dengan cara menghitung rata-rata rankingnya)
Kelas A
Ranking
Kelas B
Ranking
64
2,5
58
1
64
2,5
62
2
75
7
73
5
87
11
75
7
91
13
75
7
91
13
81
9
91
13
82
10
96
16
95
15
99
17


100
18


Jumlah
113

56
Menghitung nilai statistik uji U :
Setelah diperoleh nilai statistik Uji U, kemudian pilih nilai terkecil dari kedua nilai U1 dan U2. Dari kedua nilai tersebut diketahui nilai 22 lebih kecil dari 60, sehingga dipilih nilai 22 untuk dibandingkan dengan nilai pada U tabel. Berikut lampiran U tabel : 

Berdasarkan tabel U, untuk sampel n1 = 10, n2 = 8 dengan α = 0,05,  diperoleh nilai U tabel sebesar 17, dimana nilai tersebut lebih kecil daripada nilai U terpilih, yakni 22 (U hitung > U tabel). 
Adapun daerah kritis (kriteria penolakan H­0) adalah :
- H0 diterima apabila U hitung > U tabel (α; n1, n2) 
- H0 ditolak apabila U hitung U tabel (α; n1, n2)

Sehingga berdasarkan kriteria diatas, maka keputusannya H0 diterima, artinya nilai ulangan kelas A sama dengan nilai ulangan kelas B.

Proses perhitungan menggunakan R


Diperoleh nilai p-value sebesar 0.08173, yakni lebih besar dari nilai α = 0,05, sehingga H0 diterima, artinya nilai ulangan kelas A sama dengan nilai ulangan kelas B.

Contoh kasus sampel kecil (n1 atau n2 > 20)

Berikut adalah contoh sampel data rata-rata durasi seseorang membuka/menggunakan akun instagram dalam satu hari yang diamati pada 24 orang laki-laki dan 24 orang perempuan yang dinyatakan dalam menit. 
Laki-laki
Perempuan
Laki-laki
Perempuan
8,3
46,3
6,7
4,5
31,4
46
21,3
49,8
33,1
51,2
25
54,7
7
39,5
8
11
15,3
57,3
12,4
52
44,2
26,3
20,2
23,4
32,3
43,2
7,3
22,4
7,2
18,2
27,1
10,8
8,9
20,3
27
17,2
20,1
34,5
19
39
22,3
4,2
35,4
50,3
14,5
12,3
42
34,7
Berdasarkan sampel data diatas, akan dilakukan pengamatan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata durasi penggunaan instagram antara laki-laki dan perempuan.

Pembahasan

Sama halnya dengan pembahasan pada sampel data kecil, mula-mula dilakukan penggabungan data, sorting, ranking dan menjumlahkan ranking dari masing-masing kelompok data, sehingga diperoleh hasil seperti tabel berikut:
Laki Laki
Ranking
Perempuan
Ranking
6,7
3
4,2
1
7
4
4,5
2
7,2
5
10,8
10
7,3
6
11
11
8
7
12,3
12
8,3
8
17,2
16
8,9
9
18,2
17
12,4
13
20,3
21
14,5
14
22,4
24
15,3
15
23,4
25
19
18
26,3
27
20,1
19
34,5
33
20,2
20
34,7
34
21,3
22
39
36
22,3
23
39,5
37
25
26
43,2
39
27
28
46
41
27,1
29
46,3
42
31,4
30
49,8
43
32,3
31
50,3
44
33,1
32
51,2
45
35,4
35
52
46
42
38
54,7
47
44,2
40
57,3
48
Jumlah
475

701
Hipotesis
H0 : Rata-rata durasi penggunaan instagram laki-laki dan perempuan sama
H1: Rata-rata durasi penggunaan instagram laki-laki dan perempuan berbeda

Menghitung Statistik Uji
Dalam kasus ini (sampel > 20), proses perhitungan statistik uji tidak menggunakan perbandingan nilai U dengan nilai U Tabel Mann Whitney, melainkan menggunakan perbandingan dengan tabel Z karena distribusinya mendekati normal. Hal pertama yang dilakukan adalah sama seperti sebelumnya, yakni mencari nilai U1 dan nilai U2:


Setelah diperoleh nilai U1 dan U2, diperoleh nilai U terkecil yakni 175. Kemudian dilakukan perhitungan nilai Z seperti berikut:


Sedangkan apabila dimasukkan nilai U1 (401) maka akan diperoleh kebalikannya yakni 2,33002. Dari kedua nilai Z tersebut, maka yang diambil adalah yang bernilai positif, yakni 2,33002 kemudian dibandingkan dengan nilai pada Z tabel uji dua arah, dengan menggunakan α = 0,05, dan diperoleh nilai Z sebesar 1,96.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil perbandingan nilai Z hitung dengan Z tabel, diketahui bahwa nilai Z hitung lebih besar dari Z tabel, yakni 2,33002 > 1,96, sehingga kesimpulannya H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata durasi penggunaan instagram antara laki-laki dan perempuan.

Hasil perhitungan menggunakan R


Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan R diperoleh nilai p-value sebesar 0,01937, yakni lebih kecil dari nilai α = 0,05, yang artinya H0 ditolak, yakni terdapat perbedaan rata-rata durasi penggunaan instagram antara laki-laki dan perempuan.


Previous
Next Post »


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly