Melakukan analisis deksriptif dengan program R

Pada postingan ini akan membahas tentang langkah-langkah dalam melakukan analisis deskriptif dan membangkitkan data distribusi chaucy menggunakan software R. 
Studi Kasus
Berikut adalah data saham Indofood Sukses Makmur Tbk PT (INDF) yang terdiri dari data harga saham pembukaan dan return dari saham tersebut. 
INDF
Return
6750
-0.02174
6900
0.007299
6850
-0.00725
6900
-0.00719
6950
0.014599
6850
0.041825
.
.
.
.
.
.
6360.18
0
Data pada tabel di atas merupakan sampel data yang hanya di inputkan sebagian karena jumlah data yang terlalu banyak. Berdasarkan data di atas akan di bahas bagaimana cara melakukan analisis deskriptif menggunakan R. Adapun langkah-langkah dalam melakukan analisis deskriptif adalah sebagai berikut:

Sebelum menghitung statistik deskriptif, terlebih dahulu import data ke dalam program R dengan cara mencopy data yang akan di analisis dari Excel seperti berikut :

Kemudian masuk ke dalam program R, dan gunakan perintah read.delim("clipboard"), untuk melakukan paste data ke dalam program R, seperti pada gambar berikut :


Untuk memanggil data yang telah di import, dapat dilakukan dengan cara menuliskan kembali inisialisasi data, dalam hal ini nama data yang digunakan adalah “abtohi”. 

Untuk melakukan analisis deskriptif, dapat dilakukan dengan cara menuliskan perintah “summary” kemudian diikuti dengan nama data, perhatikan gambar berikut :



Untuk melakukan visualisasi data, akan dibuat sebuah histogram pada kedua variabel data saham, yakni harga saham dan return saham, untuk membuat histogram pada masing-masing variabel tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Kemudian, untuk mencari nilai simpangan baku pada masing-masing variabel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :





Demikian postingan singkat ini, semoga bermanfaat
Previous
Next Post »


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly