Uji ANOVA Satu Arah dengan Software SPSS


1) ANOVA Satu Arah

ANOVA satu arah (one way anova) adalah jenis uji statistika parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua grup sampel. Yang dimaksud satu arah adalah sumber keragaman yang dianalisis hanya berlangsung satu arah yaitu antar perlakuan (Between Group). Adapun faktor lain yang berpotensi mempengaruhi keragaman data dimasukkan kedalam Galat (within Group) dan sebisa mungkin dikontrol, sehingga jenis uji ini umumnya dilakukan pada rancangan perlakuan yang faktor-faktor lingkungannya dapat dikontrol, misalnya pada percobaan di laboratorium atau di greenhouse. 
Pada postingan ini saya akan berbagi tentang langkah-langkah dalam menguji ANOVA satu arah menggunakan asumsi proporsi berdistribusi normal, asumsi nilai variansi sama dan uji perbandingan ganda. Dalam kasus ini data yang akan di uji adalah data perbandingan pekerjaan dengan pendapatan. Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut :

  • Buka program SPSS 16, kemudian klik variable view, lalu definisikan variabel seperti terlihat pada gambar berikut:

  • Kemudian, pada variabel pekerjaan tentukan value label dengan cara mengklik button yang terdapat pada kolom values sehingga akan muncul kotak dialog value label. Kemudian masukkan value=1 dan label=“petani”, lalu klik button add kemudian masukkan kembali value=2 dengan label=“buruh” kemudian klik add lalu masukkan kembali value=3 dan label=“lainnya”, klik button add.
 
  • Kemudian klik OK, lalu klik data view dan masukkan data seperti terlihat pada gambar berikut:
  • Kemudian, dari data tersebut akan melakukan analisis. Analisis pertama ialah menguji asumsi normalitas dengan cara mengklik menu Analyze->Descriptive Statistics->Explore, sehingga akan muncul tampilan kotak dialog explore, kemudian pindahkan variabel pendapatan pada kolom dependen list dan variabel pekerjaan pada kolom factor list seperti  seperti terlihat pada gambar berikut:
  • Kemudian klik button plots dan beri tanda pada bagian factor levels together dan beri centang pada bagian normality plots with tests seperti terlihat pada gambar berikut:
  • Kemudian klik button continue, lalu klik OK sehingga akan muncul output uji normalitas. Selanjutnya, yang kedua akan diuji ANOVA dengan asumsi variansi sama. Dengan menggunakan data yang sama, untuk menguji anava dengan asumsi variansi sama dapat dilakukan dengan cara mengklik menu analyze->compare means->one-way ANOVA seperti gambar berikut:
  • Setelah muncul kotak dialog one-way anova, pindahkan variabel pendapatan pada kolom dependent list dan variabel pekerjaan pada kolom factor, seperti terlihat pada gambar berikut!
  • Kemudian klik button options, dan beri centang pada bagian homogently of variance test dan beri tanda pada radiobutton exclude cases analysis by analysis seperti terlihat pada gambar berikut!
  • Kemudian klik button continue lalu klik OK, sehingga output anova satu arah dengan asumsi variansi sama akan muncul. Kemudian, langkah yang ketiga ialah menguji anova satu arah dengan menggunakan uji perbandingan ganda, yakni menguji keidentikan data, dengan cara mengklik menu analyze->compare means->One-Way anova, kemudian pindahkan variabel pendapatan dan pekerjaan, lalu pilih button post hoc dan beri centang pada bagian tukey seperti terlihat pada gambar berikut:
  • Setelah selesai melakukan uji perbandingan ganda, klik button continue kemudian klik OK. 
Demikian, pembahasannya akan di bahas pada postingan berikutnya

Terimakasih
Previous
Next Post »


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Weekly